Gak Enak di Mata?

by - November 25, 2017



Assalamu'alaikum.
Fia akan membahas tentang masalah disekitar wajah seperti jerawat, komedo atau bintik-bintik hitam lainnya, gigi yang tak enak dipandang mata karena cabe atau sisa makanan lainnya, bibir pecah-pecah, bulu hidung, dan tampang yang bete, seperti yang dibilang oleh kak Asma Nadia di bukunya, Salon Kepribadian, bahwa semua itu membuat orang yang memandang kita gak enak ngeliatnya.
Atau masalah busana seperti, tidak cocok dan tidak enak di pandang mata, corak busana yang terkesan kampungan, bentuk busana, dan lain-lain, jangan sampai semua itu mengganggu penampilan kita.
Fia beritahukan ya tips dan triks dari Asma Nadia.


Tips & Tricks


  • Bersihkan wajahmu dengan pembersih muka dua kali sehari
Hal ini harus rajin kita lakukan, lho. Tapi enggak harus pakai sabun facial foam itu. Wajah kita akan lebih bersih dan bersinar kalau cuci mukanya pakai bahan-bahan alami yang ada di rumah. Air beras misalnya, kita bisa mencuci muka dengan air beras waktu kita bantuin ibu kita masak nasi. Dijamin deh, habis itu kulit muka kita jadi kenyal-kenyal lembut.

  • Facial bisa jadi alternatif mengatasi jerawat dan komedo
Sebagai remaja, kita memang gak pernah lepas dari masalah jerawat dan komedo. Bagi sebagian besar perempuan, punya jerawat atau komedo di muka itu masalah banget, apalagi yang sedang jatuh cinta atau naksir cowok. Enggak ada larangan untuk merawat wajah dengan alat facial yang bisa kamu beli untuk menghilangkan jerawat. Dan, enggak ada salahnya juga kita mencoba untuk menghindari munculnya jerawat di wajah, dengan cara mengurangi pemakaian kosmetik kimia (ganti dengan bahan-bahan alami), dan pola makan yang sehat dan teratur.

  • Perhatikan pola makan
Pola makan yang sehat dan teratur memiliki pengaruh besar terhadap kecantikan, khususnya kulit kita. Misalnya, kalau kita kebanyakan makannya makanan berminyak (apalagi gorengan), kulit kita jadi gak lembut dan kadang malah kering kelihatannya. Tapi dengan mengkonsumsi banyak vitamin, kulit kita bisa jadi lembut dan cerah lagi. Perhatikan juga, pola makan kita. Vitamin, protein, karbohidrat dan lain sebagainya harus seimbang, supaya pencernaan dalam tubuh kita juga tidak rusak. Cobalah untuk memulai pola makan : pagi makan nasi (karbohidrat), tunggu satu jam atau lebih, baru kemudian makan lauknya (protein), satu jam lagi ngemil buah (vitamin), supaya pencernaan jadi lebih bagus.

  • Jangan memencet jerawat atau komedo menggunakan tangan, bisa menimbulkan iritasi
Yap, ini penting sekali. Selain jadi iritasi, jerawat atau komedo yang dipecahkan (iya atau tidak menggunakan tangan) akan membekas dan bekasnya sulit sekali untuk dihilangkan dari wajah. Jadi sebaiknya gunakan facial untuk membuat jerawat hilang, jangan sampai kita memencetnya.

  • Rutin menggunakan pelembab
Menggunakan pelembab faedahnya adalah agar kulit kita tidak terlihat kering. Tapi tidak diwajibkan ya menggunakan produk-produk siap pakai, karena menurut Fia, itu bisa merusak kulit juga di kemudian hari karena bahan kimianya. Kita harus siap untuk menggunakan bahan-bahan alami, seperti lidah buaya, madu, bengkoang, susu/yogurt, alpukat, minyak zaitun dan minyak almond misalnya.

  • Usahakan membawa tisu untung mengelap keringat di wajah
Membiarkan wajah berkeringat itu mengganggu banget bagi kita dan orang yang melihatnya. Jadi kelihatan gak mandi. Kadang kita refleks menggunakan ujung kain jilbab untuk mengelap keringat di wajah, tapi itu salah. Selain menjadikan jilbab kita kotor, kita juga bisa dianggap jorok. Jadi selalu sedia tisu ya.

  • Sikat gigi sesudah makan
Jangan malas untuk bangkit membawa sikat dan pasta gigi ke kamar mandi sehabis makan. Siapa tau ada cabe atau seledri kecil nempel di ujung gigi dan kita gak tau, kemudian waktu kita nyengir, mestinya malu dong ada gangguan kecil seperti itu.

  • Sediakan cermin kecil di tas
Nah, menyediakan cermin kecil saat bepergian itu juga penting. Kalau ada cabe kecil nempel di gigi, kita harus tau duluan sebelum orang lain sadar, lewat cermin ini. Ini lebih baik kan, daripada kamu bisik-bisik dan tanya teman kamu, "Eh, di gigiku ada yang nempel, gak?"

  • Gunakan lip balm untuk bibir sebelum tidur dan sesudah mandi di pagi hari
Supaya bibir kita gak selalu terlihat pecah-pecah, karena bagi sebagian besar orang melihat bibir yang pecah-pecah itu sebenarnya agak sedikit mengganggu penampilan. Gak usah lip balm mahal-mahal, semua jenis lip balm boleh asalkan tidak haram. Kalau mau pakai yang alami, coba pakai madu.

  • Perhatikanlah bulu hidungmu (maaf). Jangan sampai itu mengganggu penampilan
Kita bisa gunakan alat seperti pinset untuk mencabutnya, sah-sah saja kok.

  • Belajarlah mengemas emosi
Kalau perlu paksain senyum semanis mungkin, justru ketika kita lagi bete-betenya.

  • Jangan menggunakan busana yang waarnanya tidak cocok dengan kita
Yuk, kita mulai perhatikan warna kulit dan warna busana kita. Kalau kulit kita tergolong warna kulit putih atau cerah, usahakan jangan menggunakan warna-warna gelap karena akan kontras warnanya. Kalau kulit kuning langsat, coba warna-warna seperti abu-abu, peach, dan hindari warna hijau. Untuk kulit sedang, warna apa aja oke, asalkan jangan mencolok seperti merah darah, atau oranye. Untuk kulit gelap, kita boleh pakai warna-warna terang, asalkan jangan putih bersih, dan jangan pakai hitam atau warna-warna gelap.

  • Hindari baju yang coraknya dari atas sampai bawah sama
Ini lumayan mengganggu penampilan, karena kita akan "mencolok" jadinya kalau pakai baju yang coraknya dari atas sampai bawah sama. Misalnya, jilbabnya warna navy dengan sedikit garis putih, baju dan roknya juga sama. Coba deh, pakai : jilbab warna gelap, baju putih dengan sedikit corak, dan roknya warna gelap lagi.

  • Hindari model baju yang terlalu gombrong
Ini juga bakalan bikin kita kelihatan mencolok, enggak anggun dan elegan, atau lain sebagainya. Jadi sama saja mengganggu mata orang yang memandangnya. Hindari model yang terlalu gombrong, maksudnya baju yang terlalu longgar.
  • Jangan menggunakan model dan warna busana yang membuatmu jauh keliatan lebih tua
Warna-warna untuk remaja seperti kita umumnya yang simpel dan cerah-cerah dan bervariasi. Kita harus mulai perhatikan busana yang kita pakai agar tidak terlihat lebih tua, kalau enggak, nanti kita sendiri yang tersinggung dipanggil "Bu" oleh orang lain. 😄

  • Gunakan pemutih pakaian untuk pakaian yang warnanya putih kusam
Pakai pemutih pakaian, boleh juga pakai citrun (itu lho, asem-asem yang suka nempel di belakang bungkus Nu*rijell), supaya baju putih kita enggak terlihat lusuh.

  • Padu padankan, dan modifikasikan baju-baju lama
Baju-baju lama yang kita simpan masih bisa kita pakai, kecuali kalau memang udah gak muat. Pasti baju kita itu banyak banget deh, jadi variasi warna dan modelnya beda-beda. Kita bisa memadukan kemeja lama dengan rok baru, atau kaus panjang lama dengan denim yang belum lama kita baru beli.

  • Hindari baju yang terlalu ketat
Selain memberikan kesan "tidak sopan", memakai baju ketat juga dilarang dalam Islam, lho. Karena memakai baju ketat sama saja dengan tidak pakai baju, soalnya bentuk badan terlihat. Juga, kalau saja kita punya badan berlemak, ya malu dong pakai baju ketat-ketat begitu.

  • Jangan asal mengikuti mode
Kids zaman now (😏) gampang banget mengikuti mode : misalnya, begitu ada teman punya hape baru model XXX, tiba-tiba pengin ikutan karena minder. Minder itu bisa bikin kita jadi sering melamun, murung, dan terlihat bete (intinya penampilan wajah yang tidak menyenangkan). Mengikuti mode dengan asal bisa bikin kita salah kaprah, niatnya begini malah jadi begitu.

  • Sesuaikan penggunaan perhiasaan dengan kondisi dan situasi
Pernah lihat muslimah yang pakai jilbab dengan penuh mute dan bunga-bunga di kepala dan jilbanya? Atau gelang-gelang warna-warni di pergelangan tangannya, padahal saat itu cuma jalan-jalan makan bareng keluarga, atau menghadiri pengajian umum? Aduh, ganggu banget deh. Itu kan terlalu mencolok. Perhiasan seperti itu seharusnya digunakan satu-satu, sedikit, tidak berlebihan, atau bahkan sebaiknya kurangi perhiasan yang gunanya tidak banyak.

  • Pakailah busana yang cocok dengan waktu dan situasi
Jangan pakai gaun princess yang anggun untuk acara semi formal, seperti misalnya ke acara kepanitiaan yang kamu terlibat di dalamnya sebagai panitia Idul Adha sekolah. Gaun princess itu memang membuat kita terlihat cantik, seperti princess sungguhan yang anggun dan simpel, tapi bukannya malah bakal mengira kita akan pergi ke undangan pernikahan?

  • Jangan ngasal pakai aksesoris
Gara-gara kita beli bros baru yang simpel dan cantik, kita asal caplok aja tempelin di jilbab praktis yang kita pakai, padahal cuma mau pergi main ke rumah teman. Bros dan jilbab praktis kan kurang cocok dipadukan. Jadi gak enak dipandang. Atau misalnya kita beli tas backpacker baru yang cantik, terus kita asal pakai ke kampus atau sekolah, padahal hari itu gak ada pelajaran dan cuma upacara. Hayoo... dan jadinya salah kostum.

Siap memberi tanda centang di semua list di atas?


You May Also Like

4 komentar