Yang Remeh Mengganggu

by - November 25, 2017


Assalamu'alaikum.
Pagi ini Fia ingin mengulas tentang masalah kecil yang dialami para perempuan, khususnya muslimah. Berhubung muslimah pakaiannya pasti panjang menutup, dan tidak tipis, maka pasti ada kemungkinan kita berkeringat saat berkegiatan di luar rumah.
Keringat, bau mulut, bau kaus kaki, bau sepatu, dan lain-lain akan mengganggu diri kita dan orang lain, apalagi dalam hal penampilan. Kita pastinya gak mau kan, dicap jadi muslimah yang nyebelin, yang dari luar terlihat cantik dan anggun tapi ternyata tidak memperhatikan kebersihan diri?
Berikut ini Fia ulas tips dan triks dari Asma Nadia di bukunya, Salon Kepribadian, agar enggak jadi 'Muslimah yang Mengganggu'.



Tips & Tricks

  • Ganti jilbab setiap hari
Muslimah pasti punya jilbab. Pastinya stok persediaan jilbab di rumah enggak hanya satu helai, kan? Mengganti jilbab itu penting. Bau apek yang dihasilkan oleh keringat di kulit kepala (terkadang tidak terasa karena sedikit) bisa jadi diserap oleh kain jilbabmu. Diusulkan, untuk mengganti jilbab setiap hari, jangan dua hari berturut-turut memakai jilbab itu-itu saja. Kalau mau, buat jadwal giliran memakai jilbab A, B, atau C.

  • Ganti baju
Yukk, rajin-rajin ganti baju... Bau yang dihasilkan keringat di badan kita, akan membuat 'kualitas' baju yang kita pakai enggak sebagus setelah dicuci. Kalau kita sering berkeringat, sah-sah saja kok, mengganti baju per tiga jam 😊. Asalkan jangan ngerepotin bunda untuk nyuciin baju kotor sebanyak itu.

  • Pakai anti BB (Bau Badan)
Sekarang ini, banyak banget produk anti BB tersebut. Dengan uang saku dan tabungan kita, kita bisa membeli dan memakainya agar enggak ngumbar-ngumbar bau badan kita ke orang lain. Jangan minta uang lebih ke orangtua, ya.

  • Mandi
Mandi itu selain bisa mengurangi bau badan, juga membuat kita segar dan selalu merasa bersih. Muslimah, jangan malas mandi ya, minimal mandi sehari dua kali. Karena percaya atau tidak, jarang mandi membuat tubuh kita jadi berubah : dari yang jarang berkeringat, jadi mudah berkeringat. Kalau sudah jadi mudah berkeringat, sehabis mandi pun kita jadi bau keringat lagi. Nah, lho!

  • Rajin sikat gigi
Jangan sampai gigi kita kelihatan kuning dan mulut kita bau! Kita harus rajin menyikat gigi, terutama sikat gigi malam. Kalau bisa, kita menggunakan pasta gigi siwak yang tidak mengandung flouride, agar gigi kita tidak cepat rusak gara-gara "keseringan" nyikat gigi.

  • Sedia permen mint
Ada sisa uang saku, belikanlah sedikit untuk mendapat sejumlah permen mint. Permen ini bisa kita emut kapan aja kita mau, supaya mulut kita gak menyisakan bau bakso yang baru kita makan, misalnya.

  • Keramas rutin
Keramas rutin bukan berarti kita keramas setiap hari. Keramas rutin itu, keramas secara teratur. Kita gak perlu beli sampo-sampo yang aneh-aneh, beda-beda wanginya dan lain-lain. Ganti-ganti sampo bisa bikin rambut kita rusak dan kering. Keramas dua hari sekali saja.

  • Basmi kutu
Basmi kutu bukan hanya dengan keramas rajin, tapi kita juga harus menggunakan obat-obat pembasmi kutu seperti Peditox.

  • Bawa sabun cair / tisu basah saat di luar rumah
Siapa tau tangan kita tiba-tiba kotor kena tanah, atau tangan (atau bagian tubuh lainnya) kita berkeringat, kita harus siap bersih kembali, dong.

  • Cuci secara teratur aksesorismu
Ya, biar enggak membuat bau, cuci sepatu, kaus kaki, jilbab, dan lain-lain secara teratur. Sekali seminggu udah cukup, tapi kalau mau hasil maksimal, mungkin dua kali seminggu dicucinya.

Yuk, kita lakukan semua tips di atas agar enggak mengganggu orang lain!

You May Also Like

2 komentar