Seishun Kouryaku Hon

by - April 07, 2018

Assalamu'alaikum, minna-san... Sudah lama kita tidak berjumpa lagi~ terakhir posting itu sebulan yang lalu, dan dapat 10 komentar (termasuk komentar author) - sebelum itu juga sudah posting beberapa yang lain dengan total 24 komentar. Wuisshh, jujur, Fia belum pernah dapet komentar sebanyak itu - kecuali waktu Fia belum punya chatbox dan walhasil para sahabat blogger meninggalkan jejak mereka di komentar page about author. Totalnya dulu 29 komentar.

Nah, apa yang ingin Fia sampaikan pada sahabat blogger kali ini adalah...
M-A-N-G-A yang berjudul Seishun Kouryaku Hon oleh Sorata Akizuki.


Pertama, Fia mau menjelaskan dulu apa itu Seishun Kouryaku Hon. Ini adalah sebuah manga (yayaya) dengan total dua volume dan tujuh chapters. Menceritakan tentang apa sih? Tentang persahabatan antara empat cowok SMA yang dimulai dari pertemanan dan tidak sengaja terjadi - empat cowok ini memiliki kepribadian bermacam-macam dan ternyata saling melengkapi. Cowok-cowok ini sekolah di sekolah khusus laki-laki doang.

Apa arti Seishun Kouryaku Hon? Lucunya, Fia sendiri kurang ngerti. Setelah Fia analisis, judul ini punya dua arti dalam bahasa Indonesia.
  1. Mendengarkan dengan baik
  2. Seishun = pemuda; Kouryaku = tangkap; Hon = buku (pemuda yang menangkap buku)

Dan kedua judul itu sama-sama ada kaitannya dengan isi cerita yang ada. Maka, kalian boleh menganggap kedua arti di atas merupakan arti dari judul tersebut, gak ada yang beda 😄

Nah, kita lihat siapa saja tokohnya :V plus sedikit ceritanya yaa.


ISEZAKI RENSUKE
Punya nama panggilan Ise. Lahirnya tanggal 9 Maret (wuih, meuni apal). Dia cowok yang kelihatannya kekanak-kanakan dan jahil. Tapi, gak tanggung-tanggung, dia tipikal yang gampang tersentuh dan bisa berpikiran terlalu lebay soal kebaperan. Masalahnya, waktu mau lulus dari SMA, dia takut pisah dari tiga sahabatnya itu - sampe nangis lagi - dan malu waktu diketawain sama sahabat terdekatnya, Kurata. Dia juga bener-bener peduli dengan hal-hal kecil yang bisa membuat momen bagi mereka berempat - dan pernah bertengkar dengan Kurata waktu Kurata enggak peduli dengan hal-hal seperti itu (sakit hati kali yeee).
Nah, Isezaki ini jatuh cinta sama Nagise-san, satu tahun lebih tua dari dia, dan sekolah di sekolah khusus perempuan, dimana sekolah ini merupakan tetangga sebelahan dengan sekolah Isezaki. Gak pernah ketemu sih, tapi cinta pada pandangan pertamanya waktu Isezaki lihat Nagise minum botol dari luar dinding sekolah yang ngebatasin cinta mereka #wadooooo - persahabatan Isezaki dengan gengnya juga diperkuat dengan misi Isezaki untuk menemui Nagise di luar jam pelajaran sekolah.



KURATA YUI
Kurata adalah cowok yang lahir tanggal 17 Januari, dan cowok paling dingin sifatnya. Dia jarang ngomong, dan sekali ngomong, orang langsung tau dia itu seriusan. Waktu pertama masuk SMA, dia sekelas sama Isezaki, dan enggak punya teman lain selain Isezaki yang riang dan ceria selalu menyapanya setiap pagi. Soalnya, Kurata emang enggak peduli dia punya teman apa enggak, yang penting dia ke sekolah gitu aja tiap hari /ihik, ganteng-ganteng jahatnya minta maaf/
Walau gitu, suatu saat dia bertengkar dengan Isezaki, satu-satunya orang yang mau jadi teman dia (sebenarnya, lambat laun Uemura dan Nogami yang tadinya ogah temenan sama Kurata mulai suka Kurata karena pengorbanan yang dilakukan Kurata waktu misi Isezaki dalam menemui Nagise-san) marah-marah sama Kurata karena Kurata enggak peduli dengan teman. Yang nancep di hati Kurata itu kata-kata Isezaki yang kayak gini, nih :
"Itu (bikin momen bersama) penting, kuberitau kamu." dan "Baiklah kalau begitu, lakukan sesukamu sampai lulus. Tapi kamu... kalau kamu lagi sendiri, kamu pasti bakal inget sama kita (Ise, Uemura dan Nogami)!"
Ditambah lagi, Uemura yang emang peka banget, teriak-teriak ke Kurata waktu di kelas, tentang bagaimana Isezaki meyakinkan Uemura dan Nogami bahwa Kurata itu anak baik - agar mereka berteman juga dengannya - setelah gosip-gosip yang menyebar di sekolah, bahwa Kurata adalah anak keturunan apaaa gitu, yang intinya jelek-jelek lah.
Nah, peristiwa bertengkar itu terjadinya pada tanggal 31 Desember. Malamnya, tahun baru. Kurata denger Uemura mengajak Ise dan Nogami pergi ke Sakimachi untuk lihat kembang api barengan. Kurata tidur, dan terbangun karena suara kembang api. Waktu dia lihat ke jendela, dia inget kata-kata Isezaki dan Uemura, terus langsung lari ke luar rumah menyusuri jalan yang sepi sambil berkali-kali mencoba menghubungi Ise. Dia gak mau menyesal nantinya.
Kurata : "Hello? Isezaki? Ini aku, Kurata."
Isezaki : "Aku tau. 'Napa?"
Kurata : "Apa kembang api di Sakimachi udah mulai?"
Isezaki : "..."
Isezaki : "Gak tau."
Kurata : "Hah?"
Isezaki : "Kami enggak pergi untuk liat kembang apinya."
Kurata : "Kalau gitu, jemput Uemura dan Nogami untuk lihat!"
Isezaki : "Apa?"
Kurata : "... Aku lagi lihat kembang api di sini juga. Itulah kenapa."
Isezaki : "..."
Isezaki : "Gak ada gunanya sekarang..."
Kurata tertegun.
Isezaki : "Gimana rasanya ngeliat kembang api sendiri?"
Kurata : "Ini... menyebalkan."
Isezaki : "Oh, I see."
Ternyata, Isezaki, Nogami, dan Uemura ada di arah lain jalan sepi itu dekat Kurata. Mereka mendekat, bikin Kurata makin tertegun sendiri. Kayak tercyduk gitulah.
Isezaki : "Itulah kenapa aku bilang ke kamu..."
Isezaki : "Uemura terus-terusan panik, 'Kurata enggak angkat telponnya, Kurata enggak angkat telponnya!'..."
Uemura : (protes) "Hah? Emangnya aku doang yang panik?"
Isezaki : "... jadi kita semua nyari hotel tempat kamu tinggal."
Wadooooo... bener-bener deh aaaaah!

Di cerita ini, Kurata enggak nyantol sama cewek manapun.


UEMURA NAOTAKA
Uemura lahir tanggal 30 April. Dia punya kepribadian yang agak-agak mirip sama Isezaki. Bedanya, kalau Isezaki lebih serius dengan hubungan persahabatan (walau enggak terlalu terlihat), Uemura cenderung santai aja. Tapi dua bocah ini sama-sama kekanak-kanakan - cuma mereka berdua lah yang main perang salju dan boneka salju waktu main ke rumah Nogami dalam rangka beribadah untuk kesuksesan ujian.
Uemura mungkin dikategorikan yang paling riang setelah Isezaki, karena baik Kurata maupun Nogami enggak riang dan ceria sama sekali. Walau keliatan santai, Uemura sensitif banget kalau di antara mereka berempat ada yang berantem. Dia juga kagum sama seorang cewek bernama Haru-san yang kerja di sebuah warung soba, dan bersekolah di sekolah SMP yang dimana menggabungkan cewek dan cowok jadi satu. Hal ini membuat Uemura khawatir kalau-kalau ada sesuatu yang mengerikan terjadi pada Haru-san di sekolah, berhubung di SMP, cowok-cowoknya baru pada puber semua. Uemura pernah tiba-tiba marah sama Kurata karena katanya, mendadak si Kurata masuk dalam imajinasi fantasinya ketika ngebayangin Haru-san sendirian di kelas dan dihampiri oleh Kurata.
Perjuangan Uemura untuk mendapatkan Haru juga merupakan peristiwa yang semakin memperkuat tali persahabatan keempat cowok SMA ini. Wadooo, Fia jadi makin seneng sama bromance mereka.


NOGAMI SOUTA
Dia itu cowok paling muda di gengnya. Lahir tanggal 10 Mei. Nogami punya wajah yang kawaii dan hobi minum dan ngemut permen batang. Dia tipe yang pendiam, seperti Kurata, tetapi dia tetap jauh lebih normal. Kalau Kurata emang enggak peduli sama yang lain, Nogami ini peduli, tapi lebih pasif aja kalau bicara soal sesuatu tentang dirinya yang pribadi.
Suatu saat di kelas, Uemura pernah nanya...
Uemura : "Nogami, kayaknya kamu enggak pernah ngomong tentang dirimu sendiri, ya..."
Nogami noleh.
Nogami : (dengan wajah polos) "Tanya aja kalau mau tau."
Uemura : (kaget) "Oh! Oke..."
Habis mikir-mikir...
Uemura : "Apa kamu punya pacar waktu SMP?"
Nogami : (hening sebentar)
Nogami : "Rahasia."
Uemura : "NOGAMI!!!!"
Isezaki cuma ketawa.
Nah, ada satu kejadian di mana semuanya mengungkap tentang masa lalu Nogami. Ini terjadi ketika mereka berempat pergi ke rumah Nogami di Katayama (kayaknya namanya itu) waktu musim salju, untuk beribadah supaya mereka sukses di ujian. Rumahnya ada dekat hutan.
Waktu nyampe, Isezaki dan Uemura langsung main salju di halaman, sementara Nogami berbagi kokatsu dengan Kurata di rumahnya (note : kokatsu adalah meja pendek yang ditutupi oleh selimut tebal dengan kehangatan). Gak lama, Nogami dapet SMS dari Isezaki. Isinya gini :
Kami pergi ke hutan dan tersesat. Kami tidak tau caranya pulang! Jemput kami!
Nogami dan Kurata menangkap sesuatu yang janggal dalam pesan itu. Kenapa SMS? Kenapa enggak nelpon langsung? Kan, kalau tersesat inisiatif pertama pasti nelpon?
Nogami langsung siap-siap pergi dengan raut wajah serius, menyuruh Kurata untuk nyoba nelpon Uemura. Ternyata enggak diangkat.
Nogami : "Sial. Aku tau. Harusnya aku memperingatkan mereka."
Kurata : (diam aja, dingin) "?"
Nogami : "Tentang SMS itu... aku pikir mereka enggak tersesat sendiri."
Sementara itu, di hutan, Isezaki dan Uemura duduk di tanah yang tertutup salju di antara pohon-pohon, badan mereka yang tertutup jaket diikat dengan tali. Mereka mengeluh kesakitan dan berbisik-bisik sambil melihat tiga cowok lain yang enggak jauh dari mereka - tiga cowok dua di antaranya kembar bernama Ukyou dan Sakyou (artinya kiri dan kanan) - tiga cowok yang nyulik mereka pas mereka lagi main salju.
Ise dan Uemura berusaha melepaskan diri dari tali dengan cara melepaskan diri dari jaket mereka sendiri - apalagi ikatan talinya enggak begitu kuat. Setelah lepas, mereka lari dan dikejar. Tapi, enggak jauh dari situ, Ise dan Uemura jatuh ke dalam lubang perangkap yang dibuat oleh tiga cowok itu. Ryuuji, bos geng itu, bilang kalau mereka itu buat lubangnya susah-susah untuk ngubur Nogami. Nyebut-nyebut nama Nogami, Ise dan Uemura langsung nanya-nanya protes macem-macem dari dalam lubang. Mereka pengen tau apa yang sebenarnya terjadi, kenapa mereka diculik, dan pengen keluar dari lubang itu. Tapi Ryuuji dan dua antek-anteknya ninggalin.
Dalam perjalanan ke hutan, Nogami ngejelasin ke Kurata tentang Ryuuji, Ukyou dan Sakyou. Mereka bertiga adalah teman semasa SMP - gak bisa dibilang teman sih - yang suka mengganggu dan membully parah Nogami karena dendam terhadap Nogami. Belum selesai jelasin, mereka berpapasan di jalan dengan Ryuuji, Ukyou, dan Sakyou.
Di sana, Ryuuji ngajak Nogami untuk berantem. Kurata nanya, apa sih masalahnya. Ukyou dan Sakyou dengan senang hati bercerita. Jadi, dulu waktu baru masuk SMP, adalah pertemuan pertamanya Ryuuji dan Nogami. Kata Ukyou dan Sakyou, Ryuuji jatuh cinta pada pandangan pertamanya ke Nogami /whaaaaat/ itulah mengapa Ryuuji sangat terobsesi pada Nogami. Kata Nogami, Ryuuji suka sama dia karena Ryuuji mengira Nogami itu cewek. Ini terjadi waktu Ryuuji nembak Nogami.
Nogami : "Apa?" (tanpa ekspresi khusus)
Ryuuji : (mukanya merah malu) "Aku bilang, maukah kamu mulai kencan denganku?"
Nogami : "..."
Nogami : "Kamu siapa, kok tiba-tiba?"
Ryuuji : "Suzuki Ryuuji, dari kelas 1."
Nogami : "Dan aku... Nogami Souta (note : Souta adalah nama orang Jepang yang jelas-jelas bergender laki-laki), apakah itu oke bagimu?"
DHOEEEENGGG....!!!
Ukyou dan Sakyou nahan ngakak waktu cerita ini ke Kurata (Kurata diam, memikirkan komentar apa sebaiknya dia katakan). Ryuuji malu dan marah pada mereka. Terus, Ryuuji ngajak berantem lagi, katanya kali ini dia pengen bikin Nogami nangis. Pas itu, hujan salju mulai turun agak kenceng. Kurata panik, "Ini buruk. Isezaki dan Uemura...!" dan Ryuuji ngebentak, "Lupakan salju bodoh itu! Ayo bertarung, Nogami!"
Si Nogami bilang, "Aku enggak mau. Aku udah bilang aku enggak berantem lagi."
BUG! Tiba-tiba Ryuuji menghantam Nogami sampai Nogami jatuh. Kurata kaget, lari ke Nogami. Kurata protes besar, "Apa maksudnya? Apa yang enggak kamu suka dari Nogami?"
Mendengar seorang Kurata membela seorang teman, terlebih lagi Nogami, Nogami nyaris tak percaya. Nogami langsung nutup mulut Kurata, nyuruh Kurata pergi ke hutan dan nyari Isezaki-Uemura. Nogami bakal nyusul setelah tarung sama Ryuuji. Nogami bilang, dia mengandalkan Kurata. Sementara hujan salju mulai berubah menjadi badai.
Kurata lari ke hutan sambil teriak-teriak manggil Isezaki dan Uemura sekenceng mungkin. Sementara di lubang, dua insan itu lagi mencoba melupakan rasa dingin yang menusuk tapi percuma. Kemudian mereka mendengar suara Kurata. Mereka hampir gak percaya juga kalau seorang Kurata bisa teriak-teriak cemas kayak itu.

Bonus, kukasih nih gambar-gambar mereka :

Hasil gambar untuk seishun kouryakuhon isezaki

Hasil gambar untuk seishun kouryakuhon isezaki


Gambar terkait

Hasil gambar untuk seishun kouryakuhon isezaki

Hasil gambar untuk seishun kouryakuhon isezaki

Hasil gambar untuk seishun kouryakuhon isezaki

Gambar terkait

Gambar terkait

Hasil gambar untuk seishun kouryakuhon isezaki

Hasil gambar untuk seishun kouryakuhon isezaki

Pokoknya, kelanjutannya masih seru, gaes.
Sampai sini dulu, reviewnya. Kapan-kapan mungkin Fia bahas lagi. Sekarang sudah waktunya kembali tidur. Wohohooo...

Bercermin mengaca, kakimu terkilir
Nemu kupon, dapet Pajero
Yang sudah membaca hingga kata terakhir
Syukron katsiraa~

You May Also Like

8 komentar

  1. Aku udah baca ini dari lama lol
    tonton Nijiro days juga hampir sama sih banyak ikemen juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. oalah~
      banyak ikemen?? siap-siap nonton niihh ^3^)//

      Delete
    2. Nonton aja itu juga lucu kok bikin ngakak
      comedy romance genrenya

      Delete
  2. Kemaren kakak niatnya pengen beli manga ini karena ketemu versi indonya, cuma 2 volume pula. Trus ubah niat, ntar ntar aja dah :v trus baru sadar kalau di buku komik versi indo, namanya akiduki bukan akizuki lho :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. ehh - beli aja kak~ lumayan isinya tentang persahabatan yang baguss...

      //memang kak~ penulisan hiragana dan katakana kan huruf 'du' kalau dikasih doku ten atau mirip tanda kutip gitu jadi 'zu' dibacanya. Tapi entahlah, mungkin doku ten-nya ilang gitu kali ya~\\

      Delete